Mencari Kerja di Usia 40 Tahun. Mengapa Tidak?

Mencari Kerja di Usia 40 Tahun. Mengapa Tidak?

Ada banyak alasan yang membuat seseorang beralih profesi setelah beberapa tahun. Perusahaan yang tidak stabil atau keadaan perekonomian yang tidak menentu atau malah muncul keinginan untuk memiliki kehidupan yang lebih layak. Itu semua adalah hal yang wajar. Tetapi apakah dunia kerja masih cukup ramah dengan orang yang berusia kepala empat?

Banyak pewawancara yang mengernyitkan ketika berhadapan dengan para kandidat yang sudah cukup tua ketika menjalani interview/wawancara. Tidak sedikit anggapan yang muncul bahwa mereka yang sudah tua akan kalah saing dengan calon pegawai yang lebih muda. Tetapi jangan sampai usia menjadi hambatan dalam mencari pekerjaan. Berikut ini cara mencari pekerjaan untuk para kandidat yang berusia lebih dari 40 tahun:

Baca juga  Keuntungan Investasi Emas yang sebaiknya Anda Ketahui

1. Adaptasi dengan budaya kerja saat ini

Anda mungkin melihat bagaimana generasi berusia tua memimpin. Mereka cenderung otoriter dimana bawahan harus selalu mematuhi atasan. Budaya kerja ini terlalu kaku jika diterapkan dalam konteks kekinian. Saat ini, lingkungan kerja bersifat sangat global dan juga fleksibel. Karyawan bisa bekerja dengan jadwal yang lebih bebas dan juga bisa bekerja di mana saja yang mereka inginkan. Anda bisa bekerja dengan budaya baru saat ini.

2. Perbarui keahlian anda

Jika anda ingin kembali ke dunia kerja, maka anda harus mulai memperbaiki keahlian anda. Jika perlu anda bisa mengambil kursus atau kelas yang bisa memperbarui keterampilan khusus anda. Saat ini, keterampilan yang berhubungan dengan teknologi sangat penting untuk mendukung pekerjaan pada berbagai posisi. Anda pun harus mendapatkan pemahaman yang cukup tentang aplikasi, presentasi, internet dan sebagainya.

Baca juga  Darurat air

3. Buat resume sebaik mungkin

Selama ini mungkin anda pernah menjadi pewawancara yang menyeleksi kandidat untuk sebuah posisi di kantor anda. Anda bisa melihat bagaimana resume dan CV yang disusun oleh para kandidat muda. Isinya mungkin hanya keahlian, pengalaman kerja, dan hal-hal lain. Maka, anda harus menyusun resume yang lebih baik dari itu.

Resume yang telah dibuat oleh kandidat yang usianya 40 tahun ke atas harus lebih dari sekedar daftar keahlian dan juga pengalaman kerja. Jika sebelumnya anda pernah menjadi mentor, anda bisa menjelaskan bagaimana caranya berkontribusi pada kesuksesan orang lain. Anda bisa menjabarkan bagaimana anda bisa berkontribusi pada kesuksesan organisasi. Sesuaikan resume anda dengan pekerjaan yang anda lamar.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.