Konstruk dan brand image

Konstruk dan brand image

Disadari ataupun tidak, segala yang ada dalam pikiran kita kemudian segala tingkah laku perbuatan kita adalah hasil konstruk. Ada semacam bangunan tak terlihat yang mendasari kebiasaan kita. Misalnya dari pagi hari,minuman apa yang baik dikonsumsi saat pagi hari, itu saja sudah beraneka macam.

Ada yang mempercayai minum air putih itu bagus untuk kesehatan. Ada orang sudah terbiasa minum teh . Ada yang selalu minum kopi dan ada yang minum susu. Ini baru jenis apa yang diminum, bisa lagi dipecah dalam hal suhu airnya ataupun perbandingan gulanya. Kemudian tentang sarapan, sarapan apa yang cocok sebelum beraktifitas. Ada yang sarapan roti saja sudah cukup, ada yang bubur ayam, nasi plus sayur, nasi dengan telur ceplok saja dan lain-lain. Itu kan yang menganggap sarapan itu perlu. Perkara sarapan ini perlu atau tidak, itu saja sudah berbeda-beda, ada yang menganggap sarapan itu tidak perlu.

Minuman dan sarapan, itu baru contoh sederhana. Belum lagi tentang sekolah, sekolah yang bagus itu bagaimana. Setelah lulus sekolah kemudian langsung kerja atau kuliah. Kalau kerja yang bagaimana jenisnya, kuliah yang bagus di universitas apa dsb. Secara sederhana konstruk bisa diartikan sebagai faham ataupun ide untuk mempengaruhi, mengatur , menguasai, bahkan membohongi dan melenakan orang banyak. Setiap individu mempunyai pola pikir/kebiasaan yang tidak sama dengan yang lainnya, itu mungkin terjadi karena apa yang ia terimapun berbeda.
Ada satu hal yang berkaitan dengan itu adalah brand image. Brand image ini bisa diartikan bahwa ada pandangan tertentu masyarakat terhadap merk. Bahwa kalau untuk jenis produk ini merk yang bagus adalah merk ini, misalnya. Orang yang kadung percaya merk biasanya susah untuk berpindah memilih merk yang lain. Dalam hal ini , iklan mempunyai peranan yang cukup penting bahkan sangat penting. Iklan mempunyai peranan membentuk citra bahwa produk yang diiklankan tersebut adalah yang paling bagus. Keputusan konsumen untuk memilih suatu produk tidak lagi semata-mata berdasarkan spesifikasi produk tersebut, tetapi karena brand image.

Sharingkedia รท