Membaca yang tidak tertulis

Membaca yang tidak tertulis

Ketika Allah memerintahkan Musa untuk memukulkan tongkatnya ke laut, kira-kira Allah memberi kode kepada laut terlebih dahulu atau tidak?

Ketika turunnya wahyu yang pertama, apakah Jibril menyodorkan teks kepada Nabi Muhammad untuk dibaca?

Sewaktu Nabi Musa memimpin bani Israil lari dari kejaran pasukan Fir’aun dan sampai di Laut Merah, Allah memerintahkan Musa memukulkan tongkatnya di laut tersebut.Diriwayatkan, kemudian laut tersebut kemudian membelah dan mudah untuk dilewati. Saat Allah memerintahkan Musa untuk memukulkan tongkatnya tersebut, pastinya terlebih dahulu Allah perintahkan laut untuk membelah pada saat yang ditentukan.

Baca juga  Karma Baik

Ketika Jibril mendekap nabi Muhammad seraya menyeru “Bacalah!”, saya berpikir saat itu sang malaikat tidak lebih dahulu menyodorkan larikan aksara untuk dibaca. Jibril tidak menyuruh nabi membaca teks. Kisah tentang turunnya wahyu, malaikat menyeru “bacalah!” sampai beberapa kali inilah yang memunculkan pendapat ataupun anggapan bahwa nabi itu buta huruf, karena nabi tak juga lekas membaca.

Diketahui nabi Muhammad itu bekerja di perusahaan dagang milik Khadijah. Susah saya membayangkan seseorang yang buta huruf bisa bekerja dalam usaha jual beli. Saya berpikir kalau Nabi Muhammad itu bukanlah seseorang yang buta huruf.

Baca juga  Menuhankan prasangka

Kita terbiasa melihat permukaan dan jarang menggali lebih dalam. Marilah kita terus sinau, membaca yang tidak tertulis.

Sharingkedia รท