Karma Baik

Karma Baik

Saudara saya menyatakan keheranannya ketika mendengar satu kalimat dari serial Jepang, Doraemon. Kalimat tersebut menggunakan rangkaian kata “karma baik”, terasa janggal dan aneh memang, karma kok baik.

Secara umum karma diartikan sebagai hukuman yang kita terima akibat perbuatan yang tidak menyenangkan kepada suatu pihak atau orang lain. Jadi kita merasakan kepahitan sebagaimana yang mereka rasakan dahulu.

Mungkin itu benar, tetapi karma tidak selalu tentang keburukan. Karma adalah tentang hukum sebab-akibat. Apa yang kita rasakan sekarang adalah buah dari perbuatan kita di masa lalu. Sopo gawe nganggo.

Baca juga  Sabtu libur, seperti Yahudi

Segala perbuatan baik ataupun buruk pasti ada balasannya, walaupun seukuran biji sawi. Tentang balasan yang akan kita terima tidak mesti dari pihak kedua. Orang Jawa sering mengucapkan “lemah-lemah teles, Gusti Allah sing mbales”.

Demikian, semoga kita bisa untuk selalu berbuat baik dan suka menolong, jadi ketika kita mengalami kesulitan Tuhan akan mengirimkan penolong. Siapakah penolong itu kita tidak tahu, bisa jadi Doraemon.

Sharingkedia รท