Tips dan Trik Memulai Karir untuk Fresh Graduate

Tips dan Trik Memulai Karir untuk Fresh Graduate

Untuk anda yang baru saja menyelesaikan pendidikan dan telah menjalani prosesi wisuda, itu artinya anda sudah siap memasuki dunia selanjutnya yaitu dunia kerja. Setelah lulus, anda tentu tidak berharap akan menjadi pengangguran bukan? Anda harus bekerja dan mulai hidup mandiri. Ketika baru memasuki dunia kerja, anda mungkin merasa kebingungan bagaimana agar anda sebagai fresh graduate bisa mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.

Berikut tips dan trik memulai karir dengan menjadi seorang Fresh Graduate:

1. Mengembangkan diri setelah keluar dari kampus
Anda bisa meningkatkan kualitas diri anda dengan berbagai cara misalnya dengan mengikuti kursus, magang di perusahaan besar atau bekerja paruh waktu. Itu akan menunjukkan bahwa anda memiliki keinginan untuk terus belajar dan mengembangkan diri meskipun pendidikan anda telah selesai.

Baca juga  Optimistis Meskipun Banyak Ditolak Kerja

2. Perbaiki pola pikir anda
Ketika anda sedang mencari kerja, ada baiknya anda jangan terpaku pada pekerjaan idaman anda saja. Anda bisa mempertimbangkan lowongan pekerjaan lain yang bisa membuat anda terus belajar. Anda bisa memperbesar lingkaran pencarian anda. Jangan membatasi diri pada website pencari lowongan kerja. Jaringan atau koneksi yang anda bangun bisa saja bermanfaat. Dan juga jangan mudah putus asa jika tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Tetap jaga motivasi dan semangat.

3. Buat CV Sebaik Mungkin
CV mungkin akan menjadi perhatian pertama para perekrut. Oleh karena itu, anda harus memeriksanya dengan sangat teliti. Anda juga harus membuat tampilan CV yang cukup menarik karena itu akan menentukan apakah perekrut akan meneruskan membaca CV anda atau tidak.

Baca juga  Optimistis Meskipun Banyak Ditolak Kerja

4. Memperluas jaringan atau koneksi
Anda bisa mendapatkan kesempatan kerja baru dari banyak teman yang anda jumpai. Tidak ada salahnya, anda membuka pergaulan lebih luas. Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang berkualitas baik secara personal maupun dalam dunia karir. Bisa juga dengan menghadiri reuni. Banyak kesempatan yang hadir jika anda mau membuka diri.

5. Lakukan sesi wawancara dengan baik
Ketika anda mendapatkan kesempatan untuk diwawancarai perusahaan, anda harus melakukan yang terbaik misalnya dengan memilih pakaian yang layak. Pakaian yang layak artinya pakaian formal dan sopan. Ini juga harus dilakukan meskipun anda sedang melakukan wawancara jarak jauh. Anda juga harus menunjukkan antusiasme yang cukup. Jangan lupa untuk mempelajari semua hal tentang perusahaan yang anda incar tentang visi, misi dan kinerja mereka.

Baca juga  Optimistis Meskipun Banyak Ditolak Kerja

Dari kelima trik dan tips di atas bisa jadi hanya berlaku bagi yang belum pernah masuk dalam dunia kerja. Biasanya kuliah juga dibekali dengan mata kuliah Kerja Praktik (KP/KKP), etika profesi dan pembekalan kompetensi lainnya yang menunjang pada pekerjaan dan profesi, bahkan untuk setingkat sekolah kejuruan kompetensi dan kesiapan kerja sudah termasuk dalam kurikulum.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.