Menuhankan prasangka

Menuhankan prasangka
Me at
Me at

Latest posts by Ateam Chartam (see all)

Sebagian dari kita berbuat/berreaksi hanya berdasarkan prasangka. Maksudnya, setelah mendapat satu ciri ataupun tanda langsung membuat kesimpulan dan meyakini itu adalah fakta peristiwa, padahal itu baru pendapat. Ketika kita mendapati satu tanda, sebaiknya kita mengumpulkan data yang berkaitan dengan hal tersebut, berikutnya kita bisa memperoleh kesimpulan. Setelah kita mempunyai kesimpulan, itupun belum tentu bahwa kesimpulan yang kita miliki itu adalah  kebenaran. Keyakinan akan sebuah kebenaran bukanlah kebenaran yang sejati sebelum diuji kebenarannya. Jangan sampai kita cuma mengandalkan prasangka  serta berdasarkan “jarene” kita menyimpulkan seseorang itu seperti apa.

Baca juga  Konstruk dan brand image

Misalnya ada yang menyebut bahwa si mbak itu wanita nakal, jangan langsung percaya, buktinya apa? Ada yang karena melihat dia melewati tempat yang sering disebut  tempat prostitusi kemudian langsung membuat kesimpulan. Bisa saja melewati tempat tersebut karena mau ke tempat saudaranya, misalnya. Atau memang sengaja mencari jalan alternatif untuk menghindari macet atau memang benar, mbak yang itu wanita nakal. Pelu diselidiki supaya tidak menjadikan fitnah. Suatu saat kita bisa menerima akibat yang kurang baik  , kita akan malu ataupun tidak terhormat karena  kecerobohan kita, terlalu cepat membuat kesimpulan hanya berdasarkan prasangka.

Ini sebenarnya berlaku juga untuk hal yang berlawanan, misalnya kita selalu menilai bahwa orang yang itu orangnya baik, santun dan lain-lain, pasti dia bukan koruptor ataupun penjahat.  Justru bisa saja itu sebagai tameng untuk menutupi kebusukannya.  Suatu saat ketika terungkap bahwa orang tersebut adalah penjahat, biasanya banyak yang kaget karena tidak berpikir kalau orang tersebut bisa melakukan kejahatan. Kita terbiasa melihat kemasan yang menarik padahal isinya tak selalu semenarik kemasannya, sehingga kita mudah tertipu.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.