Optimistis Meskipun Banyak Ditolak Kerja

Optimistis Meskipun Banyak Ditolak Kerja

Sebagian besar pelamar kerja telah mengerahkan energi mereka untuk membuat CV, membuat surat lamaran yang mengesankan hingga mempelajari cara mendapatkan kerja. Jika anda termasuk pelamar kerja yang tidak juga mendapatkan pekerjaan, jangan khawatir, anda tetap bisa berpikir positif sekalipun anda selalu ditolak bekerja di perusahaan yang anda inginkan.

Bagaimana caranya agar tetap bisa berpikir positif walaupun belum diterima bekerja? Berikut tips yang bisa dicoba:

1. Tetap isi waktu dengan kegiatan produktif
Apakah anda memiliki banyak waktu luang ketika anda belum diterima bekerja? Jika iya, anda bisa mencoba membaca buku-buku dan juga mempelajari keahlian baru. Anda bisa mendaftarkan diri anda untuk menjadi pegawai volunteer atau bergabung dalam sebuah organisasi. Ini bisa meningkatkan nilai anda dalam dunia kerja. Beberapa kegiatan positif ini bisa mengalihkan perhatian anda sembari menunggu panggilan kerja.

2. Selalu update dengan dunia industri
Perusahaan mungkin akan berpikir dua kali ketika mereka harus menerima kandidat yang telah menganggur sekian lama. Ini karena mereka khawatir jika kandidat itu tidak lagi up to date atau memiliki kualifikasi yang relevan terhadap dunia kerja. Anda harus mematahkan keraguan ini dengan selalu mengikuti perkembangan berita terbaru dalam dunia kerja di sektor anda.

3. Jangan selalu membandingkan diri anda
Masing-masing orang terlahir dengan takdirnya sendiri-sendiri. Berat memang jika anda harus melihat orang-orang di sekitar anda sukses sedangkan anda masih jalan di tempat. Anda tentu merasa minder dengan keadaan ini. Tetapi ingat bahwa ini hanya sementara. Waktu anda untuk meniti karir dan sukses belum tiba. Anda boleh saja menjadikan orang-orang di sekeliling anda sebagai motivasi. Tetapi ingat, jangan sampai anda membandingkan diri dengan mereka sehingga anda merasa rendah diri.

4. Mendekatkan diri dengan teman dan keluarga
Ingatlah bahwa anda tidak sendiri. Mungkin anda butuh dukungan ketika pencarian kerja anda tidak kunjung mendapatkan hasil, khususnya ketika anda mulai merasa depresi dan kesepian. Anda bisa menjalin komunikasi dengan orang-orang terdekat anda. Tidak harus secara langsung tetapi anda bisa melakukannya dengan cara chat entah untuk berbagi kabar atau sekedar bercerita. Dengan ini, mungkin anda akan merasa lebih baik setelahnya.

Tidak semua orang terlahir langsung cocok dengan pekerjaannya, banyak yang bekerja tidak linear dengan jurusannya. Mereka tidak bisa dikatakan gagal, parameter kesuksesan menurut saya tidak sekedar mendapatkan pekerjaan yang linear atau sesuai dengan bidang keilmuan, mendalami hal baru kadang memberikan passion yang berbeda, bahkan mungkin lebih cocok dengan pekerjaan tersebut nantinya. Kalaupun tidak, kita bisa mencoba mendapatkan penghasilan dari keahlian kita tersebut dengan tidak selalu dengan bekerja pada suatu instansi, yang saya maksud adalah menjadi entrepreneur.

Sharingkedia √∑