Tanpa Nama Tuhan

Suatu kali di media Twitter, Stevi Item sang gitaris Andra And The Backbone pernah ditanya oleh followernya. Bang, Andra and the backbone nggak bikin lagu religi? Sudah, itu yang judulnya Sempurna,begitu jawabnya. Lagu Sempurna yang dibawakan grupnya mas Andra yang juga gitaris Dewa 19  ini memang sekilas terdengar seperti lagu biasa saja, dari seseorang untuk kekasihnya. Tetapi jika dibaca dan diresapi pelan-pelan lirik lagunya, kita akan menemukan makna yang lain.

“kau begitu sempurna, di mataku kau begitu indah

kau membuat diriku, akan selalu memujamu …”

itu adalah sedikit penggalan lirik lagu Sempurna, untuk lebih lengkapnya bisa diputar lagunya di youtube atau sekedar baca liriknya di pencarian google.  Bisa jadi kata ”kau” itu yang dimaksud adalah “Kau”, artinya ini adalah seruan mesra kepada Tuhan. Kalau kita jeli mengamati ada satu kata kunci  yang bisa menghantarkan kita ke arah sana yaitu kata “sempurna”. Sudah kita ketahui bersama  bahwa kata sempurna sebenarnya hanya untuk Tuhan saja.

 | congerdesign / Pixabay
congerdesign / Pixabay

Sebenarnya ada lagu-lagu yang lain yang sekilas seperti biasa saja tetapi sebenarnya itu relijius, walaupun tanpa menyebut kata  Tuhan. Contohnya adalah lagu Puisi milik Jikustik. Lagu ini dibuat oleh sang gitaris, mas Dadi. Saat itu dia yang merasa jenuh dan  sumpek dengan aktifitasnya sebagai  musisi sengaja menghilang untuk menyepi dan menyendiri. Setelah pengalamannya menghilang tersebut kemudian muncullah lagu Puisi tersebut. Dia mengatakan bukan dia yang menciptakan, lagu itu sudah ada dan tinggal “memetik”.

“kapan lagi kutulis untukmu

tulisan-tulisan indahku yang dulu …”

begitulah penggalan lirik lagu Puisi milik Jikustik. “mu” di sini maksudnya adalah “Mu” , yaitu sapaan  kepada Tuhan, sedangkan  ” tulisan-tulisan”   ataupun “ puisi” itu maksudnya adalah doa.

Contoh lainnya adalah lagu Sandaran Hati milik Letto, bercerita ketika keadaan rapuh kemudian dikuatkan karena ada Sandaran Hati yaitu Tuhan. Cobalah teman-teman pelajari lagu-lagu yang lain dari Letto, bisa saja kita temukan makna yang lain. Selain itu ada beberapa lagu dari Ahmad Dhani, sang pentolan band Dewa 19 yang kontroversial itu.

 

Memang sengaja saya cuma memberikan informasi secara sepenggal-sepenggal supaya teman-teman bisa melakukan pencarian sendiri dan bisa merasakan, menemukan Tuhan dalam lagu karena memang Tuhan ada di mana-mana,Tuhan tidak dikurung di rumah ibadah.

Post Author: Ateam Chartam

manusia biasa

Tinggalkan Balasan