Ciri-Ciri Penipuan dengan Kedok “Money Game”

Investasi dengan keuntungan yang besar mungkin akan menarik minat banyak orang. Memangnya siapa yang tidak ingin melakukan investasi dengan keuntungan yang berlipat ganda? Tetapi sebagai calon investor, cerdaslah dalam memilih investasi agar tidak terjebak dalam investasi bodong. Investasi bodong sangat merugikan. Investasi tersebut biasanya berbentuk penjualan produk atau jasa yang sifatnya kamuflase dan sangat merugikan. Dengan menggunakan skema Ponzi, prioritas dari investasi ini lebih berorientasi pada cara menarik anggota baru untuk menutupi investasi anggota lama. Ini yang disebut dengan money game.
Bisnis money game ini masih sangat basah karena masih banyak orang rela mengeluarkan uang dengan harapan mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang besar.

whekevi / Pixabay (gambar/foto ilustrasi)

Berikut ini beberapa pertimbangan yang harus anda pikirkan agar anda tidak terjebak dengan money game:

  1. Apakah bisnis tersebut meminta anda untuk menginvetasikan banyak uang di awal agar anda diterima menjadi anggotanya? Permintaan investasi ini mungkin akan disebut sebagai biaya persediaan atau biaya lainnya. Bisnis yang sah biasanya tidak membutuhkan biaya yang sangat besar pada awalnya.
  2. Jika anda harus membayar biaya pada awal anda bergabung, apakah perusahaan anda akan mengembalikan uang anda jika ada barang yang tidak terjual? Bisnis yang benar akan menawarkan dan mungkin membeli kembali dana awal anda minimal 80% dari jumlah yang anda bayarkan. Jika dana yang anda bayarkan ada dalam bentuk investasi, tanyakan secara detail investasi tersebut masuk dalam jenis investasi apa.
  3. Apakah perusahaan memberikan perhatian yang besar pada layanan atau produk? Jika tidak, sangat besar kemungkinan bahwa perusahaan itu sedang menjalankan bisnis money game. Perusahaan seperti ini tidak akan memberi perhatian pada konsumen atau produk yang dikeluarkannya.
  4. Apa yang menjadi fokus perusahaan, perekrutan anggota atau penjualan layanan atau produk? Perbedaan antara binis money game dan bukan money game sangat tergantung pada fokusnya. Skema money game lebih fokus pada perekrutan anggota baru dan cara mendapatkan kembali uang mereka. Jika perusahaan investasi tersebut lebih fokus pada rekruitmen anggota baru, bisa saja itu adalah money game. Hati-hati.

Artikel terkait

Post Author: Sharingpedia

Blogger at https://t.co/EYpaUsfvzJ

Tinggalkan Balasan