Anak Muda Gagal Bisnis? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Dunia wirausaha semakin dilirik karena banyak sekali pengusaha muda yang sukses menjalankan bisnisnya. Para pebisnis muda ini tidak harus bekerja di kantor selama 8 jam agar bisa mendapatkan penghasilan. Oleh karena itu, banyak anak muda yang ingin mendirikan usahanya sendiri. Seseorang yang giat bekerja sebaiknya tak terlalu memaksakan diri menjadi seorang pengusaha. Jika terlalu dipaksakan, dikhawatirkan usahanya justru akan mengalami kegagalan.

geralt / Pixabay (gambar ilustrasi)

Tidak sedikit anak muda yang mencoba mendirikan bisnisnya sendiri tetapi akhirnya justru gagal dan merugi. Kerugian seringkali mematahkan semangat seseorang tetapi tidak bagi mereka yang tidak pernah menyerah. Jika anda gagal, ketahui dulu apa yang menjadi penyebab kegagalannya.

Berikut beberapa penyebab kegagalan bisnis anak muda:

1. Mementingkan diri sendiri

Anda mungkin pernah menjalankan usaha tetapi gagal. Tidak ada salahnya jika anda mencoba lakukan introspeksi. Apakah selama ini anda egois dalam berbisnis atau hanya mementingkan diri sendiri. Menjalankan sebuah usaha memang semestinya harus berhubungan dengan orang lain. Networking dalam dunia usaha sangatlah penting untuk kemajuan usaha anda sendiri. Anda harus menjalin kerja sama dengan orang lain, tidak boleh mementingkan diri sendiri.

2. Wirausaha adalah profesi untuk semua orang

Jika semua orang menjadi seorang pengusaha, lalu siapa yang akan menjadi pembeli? Ini artinya tidak semua orang berbakat menjadi pengusaha. Karena pengusaha yang baik dan sukses selalu memiliki sifat dan tindakan tertentu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Inilah yang menjadikan seseorang sebagai pengusaha yang sukses sedangkan orang lain tidak. Jika anda tidak memiliki mental menjadi pengusaha sebaiknya tidak memaksakan diri menjadi pengusaha. Tetapi jika anda ingin belajar dan berusaha untuk menjadi wirausahawan, tidak menutup kemungkinan anda bisa menjadi pengusaha sukses di masa depan nanti.

3. Tidak mau belajar dari kesalahan dan adaptasi

Seorang pengusaha sebesar apapun harus memiliki keinginan untuk terus belajar. Setidaknya untuk mempertahankan usahanya dari pesaing. Ketika gagal, harus mau belajar agar kesalahan tersebut tidak lagi terulang lagi. di samping itu, anda juga harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan dan pasar yang ada. Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus lanjut. Jika pasar menginginkan hal lainnya.

4. Tidak sepenuh hati atau coba-coba saja

5. Cuma ikut-ikutan tren usaha/bisnis

6. Mudah putus asa karena kegagalan yang pernah dialami diri sendiri atau melihat kegagalan orang lain.

Post Author: Sharingpedia

Blogger at https://t.co/EYpaUsfvzJ

Tinggalkan Balasan